Post The Playlist (Vol. 3) : Lee Hi – “It’s Over

Hola everyone!!!  I’m back with new “Post The Playlist”!! Setelah beberapa minggu gw M.I.A alias Missing in Action karena sakit cacar air (T.T) dan mesti berkurung di rumah dengan tingkah yang serba salah karena takut menularkan penyakit ke adek gw, akhirnya gw bisa kembali nulis dan berhadapan dengan laptop kesayangan gw. Hahahaha… Maklum, sakit cacar air gw lumayan parah, jadi gw takut lepuhan cacar-nya pecah dan nular ke barang-barang yang gw pake bareng sama adek gw, termasuk laptop ini.(eeww… I know that’s gross… Sorry.. (-.-“)) But now, I’m back!!! Hahahahahaha….

Kali ini, kita akan membahas tentang single terbaru dari Lee Hi, yaitu: “It’s Over”.

Album Cover Lee Hi "First Love" Part 1

Album Cover Lee Hi “First Love” Part 1

Single ini adalah single kedua dari Lee Hi setelah lagu debutnya yang berjudul “1 2 3 4”. Lee Hi sendiri adalah juara 2 dari talent show dari Korea Selatan, “K-Pop Star” dan sekarang bernaung di perusahaan YG Entertainment. (tau YG kan? Bigbang, PSY, 2NE1 semuanya berasal dari perusahaan ini..🙂 ) Yah meskipun ini single kedua “Rose” dari album ini udah dirilis minggu yang lalu, tapi kedua lagu ini punya kesan yang jauh berbeda. I love them both, jadi gw akan bikin review sendiri untuk “Rose” di waktu yang akan datang, secara lagu “It’s Over” ini sering banget gw putar di iPod selama gw sakit, jadi I must make a review for this song!!!🙂

***The Music***

Sebenarnya, semenjak Lee Hi debut dengan single “1 2 3 4”, gw udah jatuh cinta sama suaranya dia. Kalo di belantika musik K-Pop, suaranya Lee Hi yang jazzy ini jarang ditemukan dimana-mana. Suaranya yang setipe sama Adele, Norah Jones ato Renee Olstead membuat dia jadi penyanyi yang unik dibanding dengan solois K-Pop yang lain.

Lee Hi sendiri ada jebolan dari acara “K-Pop Star” season 1, sebuah acara talent show yang disiarkan di stasiun SBS (kalo yang punya TV kabel, bisa nonton di Sony Entertainment Channel) dan sekarang udah berjalan sampe season 2. Lee Hi dinobatkan jadi juara 2 dari hasil polling sms pemirsa “K-Pop Star” di Korea Selatan, sedangkan juara 1 dimenangkan oleh Park Ji Min, yang sekarang bernaung di management JYP.

Meskipun Lee Hi cuma dapet juara 2 di acara “K-Pop Star”, tapi dia ga kalah ‘eksis’ di dunia K-Pop dibandingkan dengan si juara 1, Park Ji Min. Dengan dirilisnya single “It’s Over” dan “Rose” kali ini membuktikan bahwa Lee Hi ga cuma sekedar jebolan talent show pada umumnya yang cuma terkenal selama acara berlangsung dan mulai perlahan-lahan menghilang di dunia hiburan begitu acara selesai. Comeback-nya setelah “1 2 3 4” membuktikan kalo Lee Hi ga cuma sekedar one-hit-wonder. Dan kalau gw denger keseluruhan album “First Love” ini, YG Entertainment kelihatan sangat berusaha untuk mengembangkan talenta yang dimiliki Lee Hi, bukan hanya untuk menguntungkan perusahaan, tapi juga untuk menunjukkan bahwa Lee Hi bisa diterima oleh masyarakat luas dengan bakat yang dia punya.

Lagu “It’s Over” sendiri bercerita tentang seorang perempuan yang mau putus dengan pacarnya karena udah ga tahan lagi sama hubungan-nya. Kesan jazzy di lagu ini bener-bener cocok dibawakan oleh Lee Hi. Genre musik di lagu ini bukan seperti lagu-lagu K-Pop mainstream yang biasa gw denger. Biasanya lagu-lagu ini kebanyakan muncul di indie K-Pop semacam 10cm (coba denger lagu “Americano” mereka! I’m seriously addicted to it!!) ato Jung In (yang biasa kolaborasi dengan Gary & Gil di grup LeeSsang). Lagu ini juga udah beberapa kali jadi front runner di acara-acara music chart di Korea seperti SBS Inkigayo, MBC Music Core, dan M Countdown. Ga cuma jadi front runner, tapi juga berhasil jadi juara 1 di music chart tersebut.

Mungkin recording label di Korea harus mulai perlahan-lahan beralih untuk mem-publicize solois-solois dengan suara unik seperti Lee Hi, karena buktinya genre musik yang biasanya muncul secara indie di Korea ternyata bisa berhasil di mainstream line K-Pop secara internasional pula… Good job, Lee Hi!!!

***The Video***

credit: OfficialLEEHI Youtube Channel

Konsep video klip “It’s Over” ini sangat playful, dengan gummy bears, mainan-mainan anak-anak dan kostum-kostum yang dipakai Lee Hi juga unik dan senada sama konsep video klip ini sendiri. Wkwkwkwk…

Salah satu hal yang paling eye-catching waktu gw pertama kali nonton video klip ini, adalah badut beruang gendut ini yang berpakaian ala G-Dragon di video klip “One of a Kind” dan Taeyang, plus mata si beruang yang berbentuk bulan sabit terbalik.. Berulang-ulang gw nonton bagian ini, gw semakin kepengen mengguling-gulingkan ini beruang di lantai…

See this?? GD’s “One of A Kind” Teddy Bear… ;P

Video klip ini juga penuh dengan snack-snack yang berhubungan dengan teddy bear ato si beruang biru gendut di video klip ini. Ada gummy bears, teddy bear cookies, teddy bear cereals, dan bahkan Lee Hi sendiri juga nari bareng sama eskrim dan cereal box ukuran lifesize yang lebih besar dari badan Lee Hi sendiri.

Berbicara soal menari, dance moves Lee Hi di video klip ini tipenya minimalis. Ada beberapa kemungkinan (menurut hipotesa gw) kenapa video klip ini punya dance moves yang cuma muncul di bagian chorus lagunya. Pertama, mungkin karena lagu dengan genre jazz seperti ini jarang menggunakan dance moves yang rumit (coba bayangkan dance moves gaya boy band ato girl band K-Pop yang rumit-rumit dipake di lagu-lagu Adele?? Must be weird… (-.-“)) Kedua, mungkin karena konsep YG Entertainment yang ga sama dengan management company yang lain, dimana grup K-Pop pentolan YG kayak Bigbang ato 2NE1 juga ga terlalu menonjolkan dance moves mereka di setiap video klip yang mereka rilis, tapi single-single mereka tetap hits di pasaran. Ketiga, mengingat sejarah audisi Lee Hi di “K-Pop Star”, gerakan Lee Hi entah kenapa selalu terlihat awkward di depan para juri. Sampe-sampe di tahap awal audisi dimana Lee Hi pernah nari lagu “I Am The Best” – 2NE1, juri “K-Pop Star” (BoA & JYP) sempat menyuruh Lee Hi untuk mengurangi berat badan, bukan supaya terlihat menarik, tapi supaya badan terasa lebih ringan waktu nari. Dan semenjak itu, Lee Hi jarang banget perform dengan lagu-lagu dance dan kalo dia nyanyi lagu dance, juri-juri pasti bkal kelihatan senyum-senyum ato ketawa-ketawa kecil dengan awkward mood around.. Lol… Lagipula, tau sendiri kan ada artis YG selain Lee Hi yang juga jarang “bergerak” dan mengandalkan suara rendah dan nge-bass-nya??? (tau kan?? tau kan?? itu loh, yang inisialnya ‘T’.. Lol..)

Overall, I love this single, both listening to the song and watching the video clip. Video clip-nya masi dalam standar masuk akal dalam video klip K-Pop, ga keliatan “terpaksa ada” dan cocok dengan Lee Hi yang masi umur anak sekolah yang petite dan imut-imut. Masi banyak “room for improvement” buat Lee Hi, mengingat dy debut kurang lebih satu tahun. Suara Lee Hi yang soulful dan jazzy ini ngebuat dy unik dan dengan bekerja di bawah perusahaan sebesar YG, gw senang kalo genre musik yang dibawakan Lee Hi bisa diterima secara mainstream di belantika musik K-Pop. Asalkan Lee Hi bisa konsisten dengan tetap menghasilkan karya-karya yang bagus, gw yakin dia bisa sebesar nama senior-seniornya kayak Bigbang, 2NE1, Se7en, atopun PSY. GO Lee Hi!!!!

So, bagaimana pendapat kalian tentang lagu “It’s Over” ini?? What’s your playlist today? Jangan lupa komentar yah!! Plus, kasi tau gw lagu K-Pop apa yang mau dibahas di Post The Playlist selanjutnya… ^^

Thanks for your attention!!

Regards,

-Mariska-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s