Post The Playlist (Vol. 2) : SHINee – “Dream Girl”

Hola everybody! I’m back again with another new “Post The Playlist. Pertama-tama, gw mw ngucapin banyak-banyak terima kasih untuk kalian yang udah membaca “Post The Playlist” sebelumnya. Seperti yang kalian tahu, review sebelumnya adalah review pertama yang pernah gw buat. Gw memang bukan kritikus profesional, jadi gw hanya berusaha untuk menjelaskan apa yang gw lihat, dengar dan rasa untuk kalian, so that all of you can enjoy what I’ve enjoyed!! Afterall, all the posts that I’ve made are all for fun, right?? So, I really hope that all of you can really have fun with all of my reviews. :)))

Kali ini, kita akan membahas tentang single terbaru dari SHINee, yaitu: “Dream Girl”.

Okay, berapa banyak di antara kalian yang SHINee-biased (atau biasa disebut Shawol)??? Angkat tangan!!! (*gw ikutan angkat tangan* lol…)

credit to: here

Penantian satu tahun para Shawol terbayar sudah. Setelah singleSherlock” yang dirilis tahun lalu, SHINee baru muncul alias comeback lagi tahun ini dengan single terbaru-nya “Dream Girl“. ^^v

***The Music***

Waktu gw pertama kali dengar lagu ini, “Dream Girl” ga langsung bisa dengan cepat dicerna sama telinga gw. Mungkin karena ga ada printilan-printilan bahasa Inggris yang aneh-aneh dan ga jelas di dalam lagunya, kayak waktu gw pertama kali denger lagu “Ring Ding Dong” (tau kan bagian liriknya “Fantastic Elastic Fantastic Elastic“-nya?? Lol…) ato “Lucifer” (tau juga kan bagian “Loveaholic Robotronic Loveaholic Robotronic“?? Ada yang ngerti maksudnya??).

Yah meskipun arti dari printilan-printilan itu ga bakalan bisa dimengerti sampe kapanpun, setidaknya itu yang sanggup bikin lagu itu jadi easy listening di telinga gw. Tapi gw juga senang karena di lagu ini, musiknya punya style yang beda sama musik-musik SHINee sebelumnya. Kalo dicoba denger lagi, kali ini ada unsur-unsur genre funk, blues, jazz yang khas dengan gitar-nya digabung sama genre dance yang biasa dibawain sama SHINee.

Gw juga senang sama perpaduan vokal dan rap di lagu ini. Perpaduannya pas, ga keliatan dipaksa supaya MinHo punya bagian rap di lagu ini. Terkadang ada beberapa lagu-lagu K-Pop terlihat seperti terpaksa untuk memasukkan bagian rap, supaya si rapper punya bagian yang signifikan di lagu mereka. (mungkin di post selanjutnya gw bisa kasi contoh beberapa lagu yang menurut gw punya kesan “Rap terpaksa”, if you request it.. ^^)

Meskipun bagian vokal MinHo di sini masi sedikit, at least suaranya udah kedengaran lebih mantap dibandingkan vokal MinHo di single “Hello” dulu. Kita tau sendiri kalo posisi MinHo sebagai rapper di SHINee, dan di single ini, style rap-nya MinHo juga udah semakin keliatan.

***The Video***

credit: SMTOWN Youtube Channel

Boleh ga kalo gw bilang, video ini adalah film “Inception” versi SHINee??? Masing-masing personil tertidur, terbangun di dunia mimpi, dengan mimpi hitam putih plus ruangan yang bisa berputar 360 derajat, trus ada trampolin di ujung ruangan. Kalo dari segi video, gw sudah memaklumi setiap artis-artis SM yang video klip-nya selalu di-set dengan “ruangan kubus” khas SM Ent. Karena selalu begitu, sekarang gw cuma bisa menilai bagaimana setting “ruangan kubus” itu di-dekor supaya bisa sesuai dengan konsep lagu yang dibawakan.

Setting SHINee ‘Dream Girl” MV

Oke, mungkin kali ini “ruangan kubus” berganti alas menjadi trapesium. Kalo diperhatikan lagi, setting ini bisa cukup menggambarkan lagu “Dream Girl“. Mungkin ruang terbalik ini bisa menggambarkan dunia mimpi yang terbalik-balik kayak “Inception“. Not bad lah, SM Ent…

Selain itu, efek transisi dari satu scene ke scene lain di MV ini bikin gw bingung waktu pertama kali gw nonton MV ini. Ada semacam efek yang biasa kita liat kalo lagi nonton siaran TV yang setengah rusak. Gw pikir komputer gw yang rusak, ternyata efek transisi itu dateng dari MV-nya, bukan dari komputer gw. lol….

Dari segi dance, SHINee memang udah terkenal dengan dance  moves yang rumit dan susah ditiru. Kali ini di single “Dream Girl” pun tetap begitu, dan SHINee mencoba hal baru dengan bermain-main sama properti standing-mic yang mereka pakai. Nice job, SHINee!!! ^^

Terus, coba perhatikan kostum yang mereka pakai di MV ini. Gw bisa berpesan: SHINee, pertahankan style pakaian suit & jacket yang ada di MV ini. Please, jangan pake pakaian yang aneh-aneh lagi kayak di MV “Lucifer”. Dan tolong perhatikan wardrobe Taemin. Gw geli ngeliat turtleneck warna pink dengan statement necklace perempuan plus celana pink-hijau-kuning yang menyala-nyala itu. SM Entertainment ato siapapun stylist-nya SHINee, urus Taemin baik-baik yah!!

Overall, gw suka sama lagu ini karena SHINee berani mencoba memasukkan genre musik baru di lagu-lagu mereka, trus ga ada lagi printilan-printilan bahasa Inggris yang aneh kayak di “Lucifer” dulu, dan dance mereka jadi semakin oke dengan mencoba bermain-main dengan standing-mic..

So, bagaimana pendapat kalian tentang lagu “Dream Girl” ini?? What’s your playlist today? Jangan lupa komentar yah!! Plus, kasi tau gw lagu K-Pop apa yang mau dibahas di Post The Playlist selanjutnya… ^^

Thanks for your attention!!

Regards,

-Mariska-

Tinggalkan Balasan

